Mengingat Matematika, Menghitung 1 Meter Kubik Menjadi Liter

Mengingat Matematika, Menghitung 1 Meter Kubik Menjadi Liter

portalinmuebles.org – Terkadang Anda mungkin coba mengingat berapa jumlah perubahan satuan. Mencoba mengingat dan menerka ingatan Anda kembali, menghitung 1 meter kubik berapa liter.

Ketika kita kembali ke masa sekolah dulu, matematika menjadi pelajaran yang paling menyenangkan. Menghitung dan menganalisis dengan logika terkait angka-angka. Tapi, setelah masa-masa itu berlalu apakah masih ingat dengan rumus dan cara-caranya?

Terutama terkait konversi volume. Dari meter kubik atau m3 menjadi liter atau L. Apa fungsi pengubahan konversi ini. Anda dapat menggunakannya ketika akan menghitung sebesar apa penampang yang akan menampung jumlah liter air yang masuk dalam penampang tersebut.

Mari lihat kembali kemampuan Anda dalam menghitung. Sebelum itu ingat dulu apa itu Liter.

Satuan Kubik ke Liter

Liter adalah satuan ukur yang digunakan untuk mencari volume atau kapasitas. Liter merupakan ukuran umum, sering digunakan untuk mengukur volume minuman atau benda cair lain, seperti botol air mineral 1 liter. Sesekali Anda perlu menghitung volume sebuah benda dalam satuan liter, setelah diketahui dimensi benda tersebut.

Selanjutnya mari kita melihat konversinya

Ubah dimensinya ke sentimeter. Ketika dimensi sebuah bentuk meter, inci, kaki, atau satuan ukur lainnya, ubahlah masing-masing dimensi ke sentimeter (cm) sebelum menghitung volume. Ini akan memudahkan Anda mengubahnya menjadi liter. Perhatikan konversi berikut ini:

  • 1 meter = 100 sentimeter.  Jadi, apabila panjang sebuah kubus 2,5 meter, diubah menjadi 250 cm
  • 1 inci = 2,54 sentimeter. Jadi, apabila panjang kubus 5 inci, menjadi 12,7 cm
  • 1 kaki = 30,48 sentimeter.  Jadi, jika panjang kubus 3 kaki, diubah menjadi 91,44 cm

Hitung volume bentuk. Untuk menghitung volume bergantung terhadap bentuk dari benda tiga dimensi yang akan Anda ukur, karena rumus volume untuk masing-masing bentuk itu berbeda. Untuk menemukan volume kubus, gunakan rumus V=Panjang x Lebar x tinggi (V=PxLxt).  untuk volume sebuah benda tiga dimensi menggunakan satuan kubik.

  • Misalnya, jika tangki ikan panjangnya 40 cm, lebarnya 25 cm, dan tingginya 20 cm, hitunglah volumenya dengan mengalikan dimensi ini: 40 x 25 x 20 = 20.000 cm3

Ubah sentimeter kubik menjadi  liter. Untuk melakukannya, gunakan rumus konversi 1 L = 1.000 cm3  Membagi volume bentuk dalam  dengan 1.000 cm3 maka akan menghasilkan volume dalam liter (L). Maka 20.000 : 1000 = 20.000 L

  • Misalnya, jika volume tangki ikan, dalam  cm3 adalah 20.000, untuk menemukan volume dalam liter, hitunglah. Jadi, tangki ikan yang panjangnya 40 cm, lebarnya 25 cm, dan tinggi 20 cm memiliki volume 20.000 L.

Baca Juga : Cara Download Lagu Dari Soundcloud

Maka dengan contoh diatas untuk mendapatkan meter kubik. Anda harus mengkonversinya menjadi sentimeter kubik terlebih dahulu agar lebih mudah. Sudah ingat cara menghitung 1 meter berapa liter bukan? Langsung terapkan ketika ingin menghitung berapa liter air yang masuk dalam akuarium ikan hias Anda.

Tags: ,