iPhone Dinonaktifkan Atau iPhone is Disabled? Atasi dengan Cara Berikut Ini!

iPhone Dinonaktifkan Atau iPhone is Disabled? Atasi dengan Cara Berikut Ini!

portalinmuebles.org – Sebagai pengguna smartphone iPhone, apakah Anda pernah mengalami masalah berupa “iPhone is disabled” dan kemudian mendapat pesan “try again in 1 minute” atau bahkan dalam waktu yang lebih lama?. Apabila memaksakan membuka kunci smartphone atau gadget tersebut secara berulang-ulang dan selalu gagal maka gadget bisa dinonaktifkan untuk alasan keamanan.

Pada skenario lebih lanjut, layar perangkat akan memberikan pesan berupa “iPhone dinonaktifkan, sambungkan ke iTunes”. Bagi yang awam dengan pesan tersebut, tentu akan merasa kebingungan. Lantas, apa sebenarnya yang terjadi dan bagaimana cara mengatasi masalah tersebut?. Untuk mengetahui jawabannya, simak artikel ini sampai habis, ya!

Penyebab Smartphone Apple Dinonaktifkan

Seperti telah disebutkan di atas bahwa smartphone keluaran Apple Inc ini mengalami masalah berupa penonaktifan atau disabled dikarenakan adanya upaya memasukkan kode sandi (Passcode) atau Touch ID yang salah secara berulang-ulang. Kode sandi disini dibuat dengan tujuan keamanaan perangkat tersebut. 

Nah, jika kode yang tidak benar dimasukkan lima kali berturut-turut maka secara otomatis perangkat akan mengalami nonaktif sendiri selama 1 menit. Maka dari itu, apabila kode masih bisa diingat cobalah masukkan kembali digit yang benar apabila waktu tunggu telah selesai. Namun, jika masih salah lagi maka waktu tunggu memasukkan kode akan menjadi lebih lama dari sebelumnya. 

Berikut ini adalah beberapa urutan jangka waktu tunggu beserta jumlah entri passcode yang salah.

  1. 5 kali entri kode sandi salah berturut-turut, muncul pesan “iPhone di nonaktifkan, coba lagi dalam 1 menit”.
  2. 7 kali salah berurutan, maka muncul pesan “…, coba lagi dalam 5 menit”
  3. 8 kali salah berturut-turut, munculah pesan  “…, coba lagi dalam 15 menit”
  4. 9 kali salah berturut-turut, muncul pesan “…, coba lagi dalam 60 menit”
  5. 10 entri kode sandi salah maka pesannya adalah “…, sambungkan ke iTunes” 

Cara Membuka Kunci iPhone Jika Lupa Password Menggunakan Bantuan iTunes

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi kesalahan entri password atau passcode secara berulang adalah memulihkan kondisinya dengan bantuan aplikasi iTunes. Sebelum memulainya, pastikan perangkat komputer atau laptop yang digunakan untuk memulihkan smartphone sudah terpasang aplikasi iTunes terlebih dahulu, ya

Setelah aplikasinya terpasang, maka ikutilah langkah-langkah berikut untuk memulihkan perangkat smartphone Anda.

  1. Sambungkan gadget ke komputer menggunakan kabel USB.
  2. Bukalah aplikasi iTunes. Apabila aplikasi tersebut meminta memasukkan kata sandi atau tidak dapat terhubung dengan gadget maka lewati langsung menuju bagian metode “Recovery Mode”.
  3. Klik ikon smartphone di sudut kiri atas jendela kerja iTunes.
  4. Klik menu “Restore iPhone” di sebelah kanan atas halaman.
  5. Setelah muncul pop out-nya, sialakn klik “Restore”. Dengan begitu perangkat akan mulai memulihkan ke setelan pabrik.
  6. Tunggulah sampai proses pemulihan selesai dimana biasanya memakan waktu beberapa menit.
  7. Bila perlu, Anda juga bisa sekalian melakukan pemulihan cadangan data, seperti foto, aplikasi, setelan, dan data-data lainnya.
  8. Selesai!

Baca Juga : 2 Usaha Yang Bisa Kita Lakukan Agar Terhindar Dari Osteoporosis

Sekian penjelasan mengenai cara membuka kunci smartphone Apple nonaktif. Setelah membaca serangkaian informasi penanganan iPhone dinonaktifkan, sambungkan ke iTunes di atas, apakah Anda sudah bisa mengatasi sendiri persoalan perangkat gadget Anda?. Semoga artikel ini membantu.