Cara Ukur Berat Badan Ideal yang Mudah dan Akurat

Cara Ukur Berat Badan Ideal yang Mudah dan Akurat

portalinmuebles.org – Setiap orang memiliki berat badan yang berbeda-beda. Ada banyak faktor yang mempengaruhi berat badan dari gaya hidup, genetik, hingga kondisi kesehatan. Kita semua pasti mendambakan bobot badan yang ideal. Yang jelas, terlalu gemuk atau terlalu kurus bukanlah bobot yang ideal. Berat tubuh kita bisa dianggap ideal jika sudah memenuhi syarat tertentu.

Jika Anda memiliki masa tubuh yang ideal, itu artinya tubuh Anda terbilang sehat. Jika tubuh sehat, pasti akan berdampak pada performa Anda sehari-hari. Lalu, bagaimana cara ukur berat badan ideal? Simak penjelasan berikut ini.

Cara Mengetahui Berat Tubuh Ideal

Terdapat beberapa hal yang berpengaruh pada berat badan seseorang, di antaranya ialah usia, tinggi, massa otot, proporsi/bentuk tubuh, distribusi lemak dalam tubuh, serta jenis kelamin. Dengan begitu, bobot tubuh dipengaruhi oleh banyak faktor.

Anda bisa mengukur sendiri di rumah berapa bobot ideal  badan Anda. Untuk melakukannya, ada beberapa metode yang bisa dicoba. Simak cara-cara berikut ini:

1. Ukur Menggunakan Rumus Broca

Pada tahun 1871, Dr. Pierre Paul Broca menemukan rumus ini dengan fungsi untuk mengetahui bobot ideal seseorang. Rumus ini diambil dari nama Broca sendiri. Namun rumus Broca baru dikenal luas pada tahun 1970an karena dipopulerkan oleh Dr. BJ Devine.

Rumus ini terbagi menjadi dua bagian, yakni rumus menghitung bobot ideal untuk pria dan untuk wanita.

  • Pria

Berat tubuh pria (dalam kilogram) adalah hasil dari penjumlahan [tinggi badan (dalam cm) – 100] – [(tinggi badan (cm) – 100) x 10%]

  • Wanita

Sedangkan untuk wanita, bobot yang ideal ialah hasil dari penjumlahan [tinggi badan (dalam cm) – 100] – [(tinggi badan (cm) – 100) x 15%]

2. Menggunakan Kalkulator BMI

Cara ukur berat badan ideal yang populer ialah dengan metode Body Mass Index (BMI). Berbeda dari rumus sebelumnya, BMI tidak menggunakan jenis kelamin sebagai variabelnya, melainkan menggunakan usia saja. Namun BMI juga menggunakan tinggi dan berat tubuh sebagai alat ukurnya.

Salah satu kekurangan metode ini ialah sering terjadinya kesalahpahaman untuk kalangan olahragawan. Pasalnya, salah satu faktor yang mempengaruhi massa tubuh seseorang ialah massa otot. Olahragawan atau atlet pada umumnya memiliki massa otot yang lebih berat, hal itu seringkali membuat mereka dinyatakan kelebihan massa tubuh ketika menggunakan metode BMI, padahal sebetulnya tidak.

Berikut ialah rumusnya:

Bb ideal = bb (dalam kg) : tinggi (dalam cm)

Keterangan:

  • Hasil yang dianggap normal ialah pada kisaran 18,5-25
  • Anda masuk kategori kelebihan bb jika hasil dari perhitungan melebihi angka 25
  • Sedangkan masuk ke dalam kategori kekurangan bb jika hasil perhitungan di bawah 18,5
  • Jika hasil dari perhitungan melebihi angka 40, sebaiknya Anda berkonsultasi langsung dengan dokter Anda. Karena kisaran angka tersebut menunjukan bahwa tubuh Anda dalam bahaya

Baca Juga : 5 Cara Intensifikasi Pertanian yang Wajib Diketahui Petani

Tubuh yang sehat menjadi dambaan setiap orang. Salah satu cermin dari tubuh yang sehat ialah berat badan tubuh ideal. Untuk mengetahuinya, Anda dapat mencoba beberapa cara ukur berat badan ideal di atas.

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*