Cara Mengatasi Sembelit Pada Bayi dan Anak Paling Efektif

Cara Mengatasi Sembelit Pada Bayi dan Anak Paling Efektif

portalinmuebles.org – Bayi yang mengalami susah BAB harus diwaspadai oleh para orang tua. Hal ini terjadi karena beberapa faktor, mulai dari bayi mengalami dehidrasi, makanan sampai dengan kondisi medis. Anda harus mengetahui terlebih dahulu gejala-gejala yang dialaminya. 

Tanda-tanda bahwa bayi mengalami sulit BAB bisa dilihat dari berapa kali dia buang air besar dalam setiap harinya. Biasanya untuk bayi yang berusia 0-6 bulan  yang masih full ASI tidak akan BAB setiap hari. Karena nutrisi makanan akan terserap dengan lebih mudah pada bayi baru lahir. Sedangkan bayi yang sudah diberikan susu formula, maka akan lebih banyak BAB kurang lebih 3-4 kali.

Akan tetapi jika bayi Anda mengalami kesulitan saat BAB, maka harus segera ditangani agar kotoran di dalam tubuh bayi dapat dikeluarkan. Lalu, bagaimana cara mengatasi sembelit pada bayi secara mudah dan tepat. 

Langkah-Langkah Cara Perawatan Susah BAB di Rumah

Sebelum Anda memberikan obat kepada anak untuk mengatasi sembelit. Sebaiknya Anda coba melakukan perawatan mandiri terlebih dahulu. Langkah-langkah tersebut diantaranya yaitu sebagai berikut:

 

  • Memberikan anak makanan yang kaya akan serat

Jika si bayi masih mengkonsumsi susu eksklusif, maka orang tuanya yang harus mengkonsumsi makanan tersebut. Namun jika sudah usia 7 bulan ke atas, maka Anda bisa membuat MPASI nya dengan jenis makan-makanan yang kaya serat, seperti sayuran, buah-buahan dan biji-bijian yang dihaluskan terlebih dahulu. 

 

Dengan mengkonsumsi cukup serat maka tinja akan menjadi lebih lunak dan mudah untuk dikeluarkan. Selain makanan berserat, maka makanan yang bernutrisi seperti mineral dan vitamin juga sangat dibutuhkan oleh tubuh anak. 

 

  • Kebutuhan cairan untuk tubuh si kecil tercukupi

Ketika anak kurang cairan, maka akan mengalami kesulitan ketika  BAB karena tinja menjadi keras dan sulit dikeluarkan. Dengan mencukupi kebutuhan cairan, maka tinja akan lebih lunak dan mudah dikeluarkan tubuh. Cairan tersebut dapat diperoleh dari air putih, susu baik formula maupun ASI, sayuran dan juga buah-buahan.

  • Porsi pemberian susu sapi harus dikurangi

Sebagian besar bayi mengalami sembelit karena disebabkan karena terhadap susu sapi atau intoleransi laktosa. Jika Anda melihat ciri-ciri anak susah BAB akibat minum susu sapi, maka sebaiknya dikurangi atau dihentikan terlebih dahulu untuk sementara waktu. Untuk menggantinya, Anda bisa konsultasi dengan dokter. 

  • Mengatur jadwal makan bayi

Jika si kecil sudah mulai mengkonsumsi MPASI, maka Anda harus membuat jadwal makan secara teratur. Hal itu tujuannya untuk merangsang gerakan saluran pencernaan. Dengan begitu maka anak juga akan terbiasa BAB secara teratur.

  • Toilet training

Jika si kecil sudah memungkinkan untuk diajak ke toilet, maka Anda biasakan untuk mengajaknya BAB terutama setelah ia makan. Pastikan anak tidak menahan atau menunda BAB, karena hal itu dapat menyebabkan tinja menjadi keras.   

Baca Juga : Cara Membuat Rumah dari Kardus

Dengan menerapkan 5 cara mengatasi sembelit pada bayi yang telah dibahas diatas, maka masalah sembelit akan segera teratasi dengan baik dan tentunya tidak akan memberikan efek samping.