Cara install ulang windows 10

Cara install ulang windows 10

portalinmuebles.org – Setelah mengusung windows 8, versi terbarunya windows mengeluarkan series 10. Dengan banyak fitur baru tambahan yang tidak dimiliki pada versi sebelumnya. Desain pada versi terbaru lebih baru dengan menu start yang tidak lagi konvensional. Terdapat  fitur baru modern seperti ada notifikasi, tampilan start pada menu dan file explorer modern. 

Meski versi terbaru lebih baik, terkadang pengguna mengalami beberapa kesulitan ketika mengoperasikan laptop yang menggunakan versi ini. Jadinya tidak sedikit yang memilih untuk melakukan install kembali. Berikut cara install ulang windows 10 oleh sendiri tanpa harus mendatangi jasa servis laptop. 

Menginstall dengan Update 

Cara ini dilakukan dengan mengganti file lama dalam komputer Anda menjadi baru dari windows yang sudah ada di komputer sebelumnya. Pastikan Anda terhubung dalam jaringan internet karena untuk mengupdate memerlukan koneksi bagus. Cara update dilakukan untuk mengatasi masalah dengan mengaktifkan kembali fitur yang sebelumnya tidak aktif. Dan memaksimalkan fungsinya. 

Mengupgrade Software 

Mengganti software secara keseluruhan yang lama menjadi versi barunya. Dengan melakukan ini tidak akan mengubah pengaturan komputer atau akan menghapus  data yang ada di dalamnya. Hanya perubahan dalam software menjadi lebih baru. Fitur yang akan menambah jadi baru karena ada pembaharuan.

Jika komputer mengalami masalah bersifat minor dengan menggunakan ini cara baik yang bisa Anda ambil. Namun jika masalah sudah berat, maka perlu clean install komputer. 

Clean Install 

Ini akan menghapus sistem operasi komputer dan seluruh data yang ada dalam drive C. Jadi sebelum Anda memutuskan untuk melakukan cara ini sebaiknya backup terlebih dahulu data Anda. karena nanti data tidak bisa dikembalikan. Bisa dengan backup pada flashdisk atau dalam penyimpanan online seperti google drive. 

Karena data di C akan dihapus, maka Anda harus menginstall beberapa software karena biasanya ini terletak dalam C. Untuk menginstall dengan clean install Anda tidak perlu menggunakan CD, Anda bisa gunakan flashdisk atau HDD eksternal  untuk menggantinya karena banyak laptop yang tidak dilengkapi dengan DVD room. Berikut langkahnya:

  1. Menyiapkan perlengkapan, diantaranya mengubah flashdisk sebagai bootable untuk melakukan ini Anda membutuhkan flashdisk dengan minimal storage 4 GB. Kemudian menyiapkan file ISO dari Windows (ISO Image). 
  2. Buat flashdisk menjadi bootable dengan menggunakan software lain, salah satu software yang bisa digunakan adalah Rufus. Install Rufus pada laptop. 
  3. Rufus akan mendeteksi flashdisk setelah Anda menghubungkannya ke dalam laptop. 
  4. Pilih pada opsi Rufus untuk “create a bootable disk using” 
  5. Pilih ISO Image, kemudian pilih icon drive pada tampilan layar 
  6. Klik opsi “start” untuk memulai prosesnya 
  7. Data secara otomatis terganti dengan media bootable dan ikut terhapus. 
  8. Pilih custom pada jenis intall Anda
  9. Tentukan drive yang akan digunakan untu terinstall drive dan akan terformat datanya. 
  10. Membuat akun baru dengan informasi pribadi kemudian pindahkan kembali data Anda ke dalamnya. 

Baca Juga : Mengingat Matematika, Menghitung 1 Meter Kubik Menjadi Liter

Dengan ini mudah untuk Anda dalam mengikuti cara install ulang windows 10