Cara Bayar PBB Online yang Mudah dan Aman

Cara Bayar PBB Online yang Mudah dan Aman

portalinmuebles.org – Membayar pajak adalah suatu kewajiban bagi seluruh warga negara. Begitu pula dengan pemilik lahan seperti tanah, bangunan usaha, tempat tinggal, sawah, pusat perbelanjaan atau yang lainnya. Objek ini akan masuk ke dalam jenis Pajak Bumi dan Bangunan atau PBB. 

Bagi Anda yang merasa malas untuk datang langsung ke kantor pelayanannya, karena jauh dari tempat tinggal atau terlalu lama mengantre. Sekarang Anda bisa membayar secara online. Lalu bagaimana cara bayar PBB online? Simaklah panduan di bawah ini :

1. Pembayaran melalui website resmi

Pembayaran via website dapat dilakukan dengan cara mengetikkan “pbb online (nama daerah) di mesin pencarian. Setelah masuk ke laman website, masukkanlah Nomor Objek Pajak (NOP) beserta tahunnya. Lalu muncul permintaan koder verifikasi. 

Setelah selesai, akan ada pilihan tempat pembayaran elektronik seperti melalui mobile banking, ATM, internet banking maupun teller. Setelah membayar, konfirmasi dengan mengunggah bukti pelunasan. 

2. Melalui aplikasi resmi pemerintah

Pemerintah telah menyediakan aplikasi pembayaran pajak dengan nama iPBB dan dapat diunduh di Google Play Anda. Instal terlebih dahulu aplikasi tersebut. Kemudian masukkan NOP dan tahun pajak di kolom yang tersedia, pilih Kirim. 

Selanjutnya data pembayar dan jumlah tagihan akan muncul, itu artinya Anda bisa melakukan pelunasan sesuai dengan data tersebut. 

 

  • Bayar PBB di Indomaret

 

PBB juga dapat dibayarkan via Indomaret, pelunasan tagihan melalui cara ini terbilang mudah, karena Anda tidak perlu mengakses layanan dan bisa langsung membayar. Sayangnya pembayaran ini hanya dikhususkan bagi wajib pajak yang memiliki tagihan di bawah Rp. 5.000.000,-. Maka untuk tagian diatas angka tersebut dapat menggunakan cara yang lain.

Datanglah ke kasir lalu tunjukkan NOP Anda. Selanjutnya kasir akan memberi informasi berapa jumlah tagihan Anda. Pelunasan dapat dilakukan secara tunai maupun debit. Jika proses membayar tagihan sudah selesai, jangan lupa menyimpan struknya. 

3. Melalui Aplikasi Tokopedia

Salah satu e-commerce yang dapat digunakan sebagai pembayaran pajak secara online adalah Tokopedia. Namun untuk saat ini, cara ini hanya bisa dilakukan di wilayah DKI Jakarta dan Depok saja. Berikut ini tahapan-tahapannya :

  • Buka aplikasi Tokopedia, lalu pilih PBB Online
  • Masukkan NOP
  • Akan muncul data tagihan, kemudian klik Bayar
  • Pilih metode pembayaran 
  • Setelah melakukan pelunasan, akan ada notifikasi bahwa pelunasan telah selesai dilakukan.

4. Melalui Linkaja

Linkaja merupakan dompet elektronik yang memiliki berbagai fitur pembayaran digital. Untuk membayar tagihan, Anda dapat memilih menu Lainnya pada halaman utama aplikasi. Lalu pilih “Pajak dan Retribusi”. Apabila sudah muncul menu PBB, masukkanlah NOP beserta tahun pembayarannya. Setelah tagihan ditampilkan, lakukan pelunasan dan notifikasi akan diterima.

Baca Juga : Cara Bersyukur kepada Allah, Bisa Bahagia dan Merasa Cukup

Itulah beberapa cara bayar PBB online yang bisa digunakan saat sedang tidak ada waktu membayar secara langsung. Semoga infomasi ini bermanfaat! 

Tags: ,